TANGSELIFE.COM-Hujan deras berdampak banjir dan pohon tumbang di Perumahan Reni Jaya, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin 8 Mei 2023 sore. 

Tapi banjir yang melanda sejak sekitar pukul 16.00 WIB itu perlahan-lahan surut. Hingga malam, banjir yang menggenangi wilayah itu sudah benar-benar surut. 

Sejumlah warga Perumahan Reni Jaya Blok AC RT 01 dan RT 02 RW 07 mulai membersihkan rumahnya akibat genangan air Selasa 9 Mei 2023 pagi ini. 

Warga juga sudah bisa beraktivitas pagi ini seperti biasa. Abiman, 35, salah satu warga sekitar mengatakan banjir terjadi karena hujan deras dengan intensitas yang cukup lama.

Akibat hujan deras itu, membuat sungai yang ada di dekat kompleks perumahannya meluap dan berdampak banjir. “Banjir mulai sore pukul 16.00 WIB. Sempet tinggi juga airnya,” katanya.  

Tapi menjelang malam, banjir yang melanda pemukimannya mulai surut. “Air benar-benar surut malam. Ada 25 rumah yang dilanda banjir di daerah sini,” terangnya juga.   

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel menyebutkan kalau banjir yang melanda Perumahan Reni Jaya dengan  ketinggian air antara 25-40 centimeter (cm).

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangsel M Faridzal Gumay mengatakan banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi. 

“Banjir karena hujan dengan intensitas deras dan durasi yang cukup lama,” terang Gumay dalam keterangannya resminya kepada wartawan, Senin 8 Mei 2023 malam.

Dia juga mencatat ada 25 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir di kawasan Perumahan Reni Jaya tersebut. 

Gumay juga mengatakan pihaknya menerima laporan banjir tersebut pada Senin 8 Mei 2023 pukul 17.00 WIB. Hingga pukul 19.00 WIB banjir masih terjadi di wilayah itu tapi berangsur surut.

Dia juga mengatakan BPBD Kota Tangsel sudah mengerahkan tim yang diterjunkan ke lokasi untuk memantau bersama RT, RW dan warga setempat. 

“Situasi banjir berangsur surut, dan mungkin malam sudah benar-benar surut. Tapi banjir tidak sampai masuk rumah, karena rumah warga rata-rata sudah ditinggikan,” katanya juga.

Selain banjir, di kawasan Perumahan Reni Jaya juga terjadi pohon tumbang yang berlokasi tepatnya di Jalan Flamboyan.

Pohon tumbang itu terjadi akibat angin kencang hujan dengan intensitas deras. “Pohon tumbang ini sempat mengganggu akses jalan dan menimpa kabel listrik,” ujarnya lagi. 

Gumai juga mengatakan petugas langsung diterjunkan untuk mengevakuasi pohon yang tumbang melintang di jalanan tersebut. 

Sehingga Jalan Flamboyan yang sempat mengalami kemacetan karena pohon tumbang itu, sudah kembali normal. “Semalam sudah bisa dilintasi kendaraan,” tandasnya.