TANGSELIFE.COM-Tim nasional (timnas) Indonesia U-22 akan menghadapi Myanmar pada laga kedua pertandingan sepakbola SEA Games 2023.

Sebelumnya, timas Indonesia mempecundangi Filipina dengan skor 3-0 pada Sabtu 29 April 2023  lalu. Saat ini, skuad Garuda Muda berada di peringkat 2 klasemen Grup A.

Kemenangan timnas Indonesia pada SEA Games 2023 yang membungkam Filipina 3-0 berkat gol yang dicetak Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, dan Fajar Fatur Rahman.

Pertandingan antara timnas Indonesia U-22 vs Myanmar akan berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis 4 April 2023 pada pukul 16.00 WIB.

Sedangkan Myanmar baru akan melakoni pertandingan pertama mereka menghadapi Timor Leste yang akan digelar pada Selasa 2 Mei 2023. Laga ini akan dimulai pukul 16.00 WIB.

Dengan jadwal tersebut, timnas Indonesia diuntungkan karena jeda waktu pertandingan lebih banyak. 

Untuk pertandingan kedua ini, para pemain timnas Indonesia dapat melakukan recovery selama 5 hari sebelum melakoni laga kedua melawan Myanmar.

Indonesia wajib meraih kemenangan saat menghadapi Myanmar nanti. Lantaran kemenangan tersebut akan memuluskan langkah Indonesia ke semifinal SEA Games 2023.

Untuk diketahui, saat ini timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen SEA Games 2023 Grup A. 

Indonesia mengoleksi 3 poin usai membungkam Filipina. Sebenarnya Indonesia memiliki poin sama dengan Kamboja yang menempati posisi pertama tapi kalah poin dari tim tuan rumah. 

Menjelang bergulir laga kedua melawan Myanmar, salah satu punggawa timnas U-22 Beckham Putra berambisi meraih kemenangan.

Pemain berusia 21 tahun itu juga mengatakan dirinya dan timnas U-22 akan fokus dari pertandingan ke pertandingan.

“Harapannya tentunya kita bisa meraih kemenangan, karena kita step by step, match by match,” ujar Beckham Putra di YouTube resmi PSSI.

Perjuangan timnas U-22 ini bertujuan menggapai mimpi meraih medali emas di SEA Games setelah 32 tahun.

“Kami harus bisa meraih kemenangan untuk melanjutkan mimpi kita meraih medali emas setelah 32 tahun penantian,” papar Beckham Putra lagi. 

Seperti diketahui, terakhir kali tim Garuda Muda meraih medali emas SEA Games terjadi pada 1991 silam atau 32 tahun lalu.

Terakhir timnas U-22 Indonesia berhasil medali emas pada SEA Games 1991 di Filipina. Saat itu Indonesia diperkuat oleh gabungan pemain-pemain muda berbakat dan pemain senior.

Seperti Widodo Cahyono Putro, Rochi Putiray, dan Peri Sandria dan untuk pemain senior ada  Ferril Raymond Hattu dan Robby Darwis.

Kini, para pemain itu menjadi legenda sepakbola Indonesia yang namanya dikenang para penggila bola Tanah Air. 

Hingga kini, pemain timnas Indonesia belum sekalipun bisa meraih medali emas dalam gelaran SEA Games. 

Pembagian Grup SEA Games 2023: 

-Grup A 

Kamboja

Indonesia

Myanmar

Filipina

Timor Leste

-Grup B 

Vietnam

Thailand

Malaysia

Singapura

Laos

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-22 

-Indonesia vs Filipina

Waktu : Sabtu, 29 April 2023 (3-0)

Jam : 16.00 WIB 

-Indonesia vs Myanmar

Waktu : Kamis, 4 Mei 2023

Jam : 16.00 WIB 

-Indonesia vs Timor Leste

Waktu : Minggu, 7 Mei 2023

Jam : 16.00 WIB 

-Indonesia vs Kamboja

Waktu : Rabu, 10 Mei 2023

Jam : 19.00 WIB