TANGSELIFE.COM – Mantan Bupati Tangerang sekaligus pemilik Persita Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, resmi menjadi manajer baru Timnas Indonesia U-17 dan U-20.

Ditunjuknya Ahmed Zaki Iskandar oleh PSSI dikarenakan ia memiliki banyak pengalaman dan kepedulian terhadap olahraga, terutama di cabang olahraga sepak bola.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa diperlukannya sosok yang tepat untuk mengelola dan memajukan Timnas U-20.

Apalagi, tantangan sepak bola Indonesia saat ini ingin menjadikan prestasi sebagai tradisi dan itu membutuhkan keseriusan yang matang.

Itu sebabnya Ahmed Zaki Iskandar dipercaya melatih Timnas U-17 dan U-20 karena telah terbukti mempunyai komitmen dan keseriusan dalam meningkatkan ekosistem sepak bola nasional.

“Tantangan sepak bola kita sekarang adalah menunjukkan bahwa prestasi harus menjadi prestasi. Itu tidak mudah karena membutuhkan keseriusan,” ucap Erick Thohir.

“Untuk tim U-20 dan tim U-17, PSSI memutuskan menunjuk Ahmed Zaki Iskandar,” demikian yang dinyatakan dalam pernyataan resmi PSSI pada Minggu, 19 Mei 2024.

Mantan Bupati Tangerang yang menjabat pada 2013-2023 ini juga dikenal sebagai pemilik Persita Tangerang dan pernah menjadi pembina Persikota Tangerang.

Selama menjabat sebagai Bupati Tangerang, ia membangun stadion mini di 29 kecamatan sebagai upayanya mendukung olahraga dan melatih bibit muda sepak bola di Tangerang.

Ahmed Zaki Iskandar pun menyatakan kesiapannya dalam menjadi manajer Garuda Muda.

Atas kepercayaan tersebut, ia berharap bisa meraih prestasi di kancah internasional.

“Saya tau ini tim usia muda, tapi karena ekspektasi masyarakat yang tinggi, saya siap membantu tim nasional U-20 dan U-17 untuk meraih capaian terbaiknya,” imbuh Zaki.

Sementara itu posisi manajer Timnas Wanita Senior dan Tim Wanita Junior diduduki oleh Galih Dimuntur Kartasasmita yang saat ini juga ada di posisi Direktur Utama Asiana Soccer Shool.

Untuk posisi asisten manajer timnas wanita dan junior diisi oleh Iwan Setiawan yang juga menjabat sebagai Direktur Operasional Asiana Soccer School.

Sementara itu, posisi manager timnas senior tetap ditempati Sumardji yang juga sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI) sekaligus Ketua Badan Tim Nasional (BTN).

Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter