TANGSELIFE.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan pengajuan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menambah rute baru untuk bus TransJabodetabek dari arah Kota Tangsel menuju Jakarta.

Pengajuan rute baru tersebut dilakukan setelah Dishub Tangsel menggelar Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas di salah satu Hotel di kawasan BSD, Tangsel, Rabu, 6 Desember 2023.

Kepala Seksi Angkutan Orang dan Barang pada Dishub Tangsel, Galang Andika mengatakan, rute baru Trans Jabodetabek yang diajukan sebanyak 11 rute.

Dengan pengajuan tersebut, rute Trans Jabodetabek dari Kota Tangsel menuju Jakarta yang saat ini ada 8 maka tahun 2024 akan menjadi 19 rute.

Galang menjelaskan, dari usulan rute baru tersebut nantinya sebanyak 13 bus Trans Jabodetabek akan mulai beroperasi dari Terminal Pondok Cabe dan 6 lainnya dari Terminal BSD.

“Kita mengusulkan revisi Permenhub Nomor 1 tahun 2017 tentang Rencana Umum Jaringan Trayek Jabodetabek yang mana tahun ini eksisting ada 8 trayek rute Trans Jabodetabek yang keluar Tangsel ke DKI, menjadi 19 trayek,” kata Galang kepada Tangselife.com, Rabu, 6 Desember 2023.

Dengan adanya penambahan rute baru itu, diharapkan mampu mengakomodir lebih banyak masyarakat yang ingin beraktivitas dari Tangsel ke arah Jakarta.

Sehingga, lanjut Galang, volume kendaraan di beberapa ruas jalan dapat berkurang dan dapat meminimalisir potensi terjadinya kemacetan.

“Jadi nanti masyarakat bisa mempunyai alternatif banyak yang misalnya aktivitasnya ke Jakarta simpulnya ada di Terrminal Pondok Cabe dan simpul Terminal BSD,” tuturnya.

Kendati demikian, Galang mengungkapkan, pengajuan sejumlah rute baru yang akan beroperasi dari Terminal Pondok Cabe menuju Jakarta tidak akan melintasi Jalan Ir Haji Juanda Ciputat.

Bus Trans Jakarta akan dialihkan melalui jalan Tol Pamulang menuju Jakarta untuk menghindari kemacetan di sepanjang ruas Jalan Ir Haji Juanda.

“Untuk mensupport Trans Jabodetabek tersebut kita menggunakan angkutan perkotaan yang tujuannya banyak ke Terminal BSD dan Terminal Pondok Cabe,” pungkasnya. (Andre)

Intan
Editor
Intan
Reporter