TANGSELIFE.COM – Pemenang kontes kecantikan Miss Jepang, Karolina Shiino, melepaskan mahkotanya usai sosoknya terlibat skandal perselingkuhan dengan dokter yang sudah berkeluarga.

Sosok Karolina Shiino (26) asal Ukraina telah dinobatkan sebagai Miss Jepang sejak dua minggu lalu.

Akan tetapi kemenangannya itu memicu perbincangan publik lantaran ia bukanlah keturunan Jepang asli.

Meskipun sejumlah orang telah menerimanya sebagai warga naturalisasi, namun sebagian lainnya ada yang mengungkapkan bahwa Karolina Shiino tak mewakili standar kecantikan tradisional Jepang.

Di tengah desas-desus tersebut, sebuah tabloid lokal memberikan laporan menakjubkan yang menuduh Shiino terlibat dalam skandal perselingkuhan.

Sebuah artikel Shukan Bunshun melaporkan kalau Shiino telah menjadi hubungan dengan seorang influencer sekaligus dokter yang sudah menikah.

Sementara itu, pria yang diduga berselingkuh dengan Miss Jepang tersebut belum memberikan komentar ke publik.

Pada tanggapan awalnya, pihak penyelenggara kontes kecantikan membela Shiino. Mereka mengatakan bahwa Miss Jepang tersebut tak mengetahui kalau pria itu sudah berkeluarga.

Namun tanggapannya berubah pada Senin, 6 Februari 2024. Pihak mereka mengatakan kalau Shiino telah mengakui kalau ia sebenarnya tahu laki-laki tersebut sudah menikah dan memiliki anak.

Asosiasi Miss Jepang telah melaporkan kalau Karolina Shiino sudah meminta maaf karena berbohong dan pihak penyelenggara telah menerima pengunduran dirinya dari gelar Miss Jepang.

Shiino meminta maaf kepada para penggemar dan masyarakat umum dalam sebuah pernyataan pada Senin lalu.

Ia mengatakan kalau tindakannya itu dilakukan karena takut dan panik saat menanggapi laporan tersebut.

“Saya benar-benar minta maaf atas masalah besar yang saya sebabkan dan karena mengkhianati mereka yang mendukung saya,” ucapnya.

Miss Jepang tahun ini resmi mengundurkan diri dan gelar tersebut akan tetap kosong meskipun ada beberapa pemenang kedua.

Profil Takuma Maeda, Dokter yang Berselingkuh dengan Miss Jepang

miss jepang karolina shiino

Di tengah perdebatan Miss Jepang tahun ini yang bukan keturunan Jepang, majalah mingguan Shukan Bunshun menerbitkan laporan mengenai hubungan Karolina Siino dengan seorang dokter sekaligus influencer bernama Takuma Maeda.

Ditelusur dari laman resmi LinkedIn, Takuma Maeda merupakan Ahli Bedah Saraf atau Bedah Neuroendovaskular Bersertifikat.

Selama 8 tahun menjadi Ahli Bedah Saraf, Takuma Maeda telah meneliti dan menerbitkan beberapa makalah mengenai penyakit tersebut, khususnya penyakit serebrovaskular.

Usai lulus dari Sapporo Medical University, Maeda menyelesaikan program neurologi di Saitama Medical University International Medical Center.

Setelah itu ia memulai penelitian dasar mengenai mekanisme kerusakan sel endotel yang disebebkan oleh amiloid beta yang menyebabkan stroke hemoragik dan menerika gelar Ph.D di Jepang.

Takuma Maeda juga bergabung dengan lab Hashimoto di Barrow Neurological Institute pada Mei 2023.

Kemenangan Karolina Shiino sebagai Miss Jepang Memicu Perdebatan

miss jepang karolina shiino

Saat dinobatkan sebagai Miss Jepang pada Senin, 22 Januari 2024, Karolina Shiino mengungkapkan bahwa ia mengalami hambatan soal ras dan sulit diterima sebagai orang Jepang.

Kemenangan yang dinobatkan kepada Karolina membuatnya menjadi orang pertama keturunan Eropa yang diberi kehormatan tersebut.

Dengan kata lain, ia adalah warga naturalisasi Jepang pertama yang memenangkan kontes kecantikan Miss Jepang.

Miss Japan Karolina Shiino lahir di Ukraina sebelum pindah bersama ibunya ke Jepang ketika ia berusia lima tahun.

Sang mama menikah kembali dengan laki-laki asal Jepang hingga Shiino mengambil nama belakang milik ayah tirinya yang merupakan orang Jepang asli.

Shiino bisa berbicara dan menulis dalam bahasa Jepang dengan lancar dan menjadi warga negara naturalisasi pada 2022.

Usai menerima gelar tersebut, ia mengungkapkan dalam pidatonya, “Saya pernah ditolak sebagai orang Jepang berkali-kali, tetapi saya dipenuhi dengan rasa syukur karena diakui sebagai orang Jepang hari ini.”

Sejumlah warga Jepang mempertanyakan kemenangan Miss Jepang tersebut karena ia sama sekali tak berdarah Jepang.

“Orang yang terpilih sebagai Miss Jepang ini bahkan bukan campuran orang Jepang, tapi 100% murni Ukraina. Baiklah dia cantik, tapi ini ‘Miss Japan’. Di mana Jepangnya?” tanya seorang warganet di X.

Sementara itu Ai Wada sebagai penyelenggara kontes Miss Jepang Grand Prix mengungkapkan bahwa juri telah memilih Karolina Shiino sebagai pemenang dengan keyakinan penuh.

“Dia berbicara dan menulis dalam bahasa Jepang yang indah dan sopan,” ucap Ai Wada kepada BBC.

“Dia lebih orang Jepang daripada kami,” lanjutnya.

Karolina Shiino sudah mengumumkan di Instagram ketika ia menerima kewarganegaraan di Jepang.

Ia mengaku bahwa mungkin saja tak terlihat seperti orang Jepang, akan tetapi ia telah menjadi ‘orang Jepang’ karena ia besar di negeri sakura tersebut.

Saat menerima gelar Miss Jepang pada 2024 ia berujar bahwa memenangkan gelar tersebut adalah mimpinya.

Dwi Oktaviani
Editor