TANGSELIFE.COM– Kondisi korban kecelakaan bus di Guci di Tegal akan dimonitoring Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan  

Terbaru, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan kalau satu korban kecelakaan di lokasi wisata Guci, Tegal  yang dirawat di RSUD Soeselo, Slawi, Tegal, akan segera dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. 

Benyamin Davnie mengatakan kalau korban yang harus dirujuk ke RSUP Cipto Mangunkusumo itu karena memerlukan perawatan lanjutan.

“Korban luka serius yang akan dirujuk ke RSCM itu bernama Pak Akim,” terangnya kepada wartawan di Serpong Utara, Tangsel, Selasa 9 Mei 2023.

Benyamin juga mengatakan kalau warga yang bernama Akim itu dirujuk karena memerlukan pelayanan sub spesialis lebih lanjut akibat luka di bagian kepala yang dia derita.

“Itu hanya bisa dilakukan di RSCM. Secepatnya akan kami rujuk ke RSCM. Kami akan segera kirim ambulans untuk menjemput Pak Akim di RSUD Soeselo, Slawi,” ujar Benyamin juga. 

Dia juga menjelaskan kalau Akim mengalami sejumlah cidera dalam kecelakaan bus terbalik masuk sungai di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal pada Minggu 7 Mei 2023 pukul 08.30 WIB tersebut. 

“Korban Pak Akim ini didiagnosa mengalami cedera serius di kepala yang membutuhkan penanganan sub spesialis,” cetusnya juga. 

Wali Kota Tangsel yang akrab disapa Bang Ben ini juga mengatakan nantinya ambulans yang akan menjemput Pak Akim akan didampingi tim medis dari Dinkes Tangsel. 

Sementara itu berdasarkan data Dinkes Tangsel masih ada dua korban lagi kecelakaan bus di kawasan wisata Guci, Tegal yang masih dirawat di RSUD Soeselo, Slawi. 

Awalnya, ada empat korban luka serius yang dirawat di RSUD Soeselo, Slawi tersebut. Tapi dua korban lain meninggal dan telah dikebumikan di TPA Paku Jaya dan pemakaman pribadi di Kecamatan Serpong Utara.

Data tim Dinke Tangsel yang datang langsung ke RSUD dr.Soeselo, Slawi, menyebutkan kalau jumlah korban kecelakaan bus itu berjumlah 36 orang terdiri dari 12 laki-laki dan 24 perempuan. 

Terdapat 2 korban meninggal pada kejadian ini, 1 orang meninggal di lokasi dan 1 orang meninggal saat dalam perawatan di ruang intensif atau ICU RSUD Soeselo, Slawi. 

”Pasien yang masih dirawat di ruang intensif  RSUD dr Soeselo, Slawi berjumlah dua orang. Tapi satu pasien akan dirujuk ke RSCM,” terang Kepala Dinkes Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar, Selasa 9 Mei 2023.

Dia juga mengatakan saat ini ada 26 pasien yang dirawat di dua rumah sakit milik Pemkot Tangsel yakni RSU Tangerang Selatan di Pamulang dan RSU Serpong Utara.

“Sebanyak 11 pasien cedera patah tulang dikirim ke RSU Tangsel, 15 pasien dengan luka memar yang masih memerlukan observasi dirawat di RSUD Serpong Utara,” terang Allin juga. 

Sedangkan sebanyak 6 pasien dengan kondisi baik dan hanya mengalami luka-luka lecet sudah dipulangkan kerumah masing-masing.

Dia juga mengatakan pihak RSU Tangerang Selatan hingga hari ini sudah melakukan tindakan operasi terhadap 4 orang korban kecelakaan bus di Guci Tegal tersebut. 

Untuk diketahui, bus yang ditumpangi rombongan peziarah asal Kecamatan Serpong Utara, Tangsel terperosok ke sungai di objek wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah pada Minggu 7 Mei 2023.

Data Korban Kecelakaan Bus di Guci Tegal

1. Jumlah korban: 36 Orang (12 laki-laki dan 24 perempuan)

2. Korban meninggal : 2 orang (1 meninggal di lokasi dan 1 meninggal dalam perawatan)

3. Korban luka parah : 2 orang (masih dirawat di RS Soeselo, Slawi, Kabupaten Tegal)

4. Luka sedang : 26 orang (11 patah tulang dan 15 luka memar)

5. Korban luka ringan : 6 orang (sudah diperbolehkan pulang)