TANGSELIFE.COM – Selebgram asal Medan, Sumateran Utara, Ella Nanda Sari Hasibuan (30) dilaporkan meninggal dunia setelah melakukan operasi sedot lemak di klinik kecantikan bernama WSJ Beauty Depok.

Sang selebgram meninggal dunia pada Senin, 22 Juli 2024 setelah melakukan operasi sedot lemak di klinik yang berlokasi di Beji, Depok, Jawa Barat.

Kasus tewasnya selebgram Medan akibat sedot lemak di WSJ Beauty Clinic telah dikonfirmasi oleh kepolisian setempat.

Polres Metro Depok menyatakan akan menyelidiki kasus meninggalnya ENS.

Penyelidikan tetap dilakukan meskipun keluarga korban tak melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

Komisaris Besar Arya Perdana selaku Kapolres Metro Depok mengungkapkan, polisi sedang menyelidiki kasus tersebut karena kematian korban yang dinilai mencurigakan.

Selain itu, pihak klinik diketahui tak segera membawa korban ke rumah sakit sampai akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Saat ini, polisi telah memeriksa dokter dan klinik kecantikan WSJ Beauty Depok.

Bersamaan dengan kasus ini, banyak orang yang penasaran dengan latar belakang WSJ Beauty Depok. Untuk mengetahuinya, simak rangkuman berikut ini.

Fakta Klinik WSJ Beauty Depok

Berikut ini beberapa fakta klinik WSJ Beauty Depok yang merupakan lokasi tewasnya selebgram Medan berinisial ENS pasca melakukan operasi sedot lemak.

1. Pemiliknya seorang perempuan berinisial W

Pemilik WSJ Beauty Depok merupakan seorang perempuan berinisial W. Sementara itu, dokter yang menangani korban adalah seorang dokter berinisial A dan dua orang perawat berinisial K dan T.

Pihak Polres Metro Depok telah memeriksa empat orang saksi.

Keempat saksi tersebut merupakan suami W, dokter, serta perawat yang bertugas menangani ENS saat sedot lemak.

Seiring dengan hebohnya kasus ini, W menyewa seorang pengacara bernama Rikardo Siahaan. Berdasarkan fakta terbaru, Rikardo selaku pengacara klinik WSJ, menegaskan bahwa para dokter yang menangani ENS memiliki kompetensi yang memadai.

Ia juga mengklaim bahwa dokter tersebut memiliki legalitas sesuai dengan tindakan yang dilakukan.

2. Dulunya sebuah salon biasa

Klinik kecantikan di Depok yang diduga melakukan malapraktik operasi sedot lemak, ternyata dulunya adalah salon biasa.

Kemudian, salon itu berubah menjadi klinik pratama yang harusnya hanya menyediakan layanan dasar.

Namun WSJ Beauty diketahui berani melakukan layanan praktik sedot lemak yang cukup rumit hingga akhirnya mengakibatkan seorang wanita tewas.

Dengan izin klinik pratama, berarti WSJ Beauty hanya bisa menyelenggarakan pelayanan medik dasar dnegna dokter umum saja.

Hanya punya izin klinik pratama, WSJ Beauty diduga menyalahi prosedur karena nekat membuka layanan spesialis.

3. Pernah dilaporkan atas tuduhan malpraktik terkait kasus yang sama

Pemilik berinisial W dan kliniknya pernah terlibat kasus serupa.

Menurut kepolisian, tahun 2023 lalu, Klinik WSJ Beauty Depok pernah dilaporkan atas tuduhan malpraktik terkait tindakan sedot lemak.

Pelapor mengaku mengalami luka bakar di lengan pasca menjalani prosedur sedot lemak di lengan. Sayangnya, kasus tersebut tak dilanjut karena pelapor dan pihak klinik akhirnya berdamai.

4. Dicurigai belum mengantongi izin

Klinik WSJ Klinik dicurigai belum mengantongi izin untuk melakukan prosedur medis lanjutan, seperti sedot lemak.

Mary Liziawati selaku Kepala Dinas Kesehatan Depok mengungkapkan bahwa klinik tersebut hanya mengantongi izin klinik Pratama yang memberikan layanan medis dasar dengan dokter umum.

Layanan kesehatan yang boleh diberikan di klinik Pratama meliputi rawat jalan dan rawat inap. Berbeda dengan klinik utama yang memberikan layanan medis lebih spesifik, seperti layanan medis oleh dokter spesialis.

Berkaitan dengan tindakan bedah, klinik pratama dan klinik utama sama-sama boleh melakukan tindakan tersebut atau operasi. Bedanya, klinik pratama hanya boleh melakukan bedah minor yang tak memerlukan anestesi umum atau spinal.

Bagaimana dengan tindakan sedot lemak?

Sedot lemak merupakan prosedur kecantikan yang membutuhkan anestesi umum. Artinya, klinik yang bisa melakukan tindakan sedot lemak adalah klinik utama, bukan pratama.

5. Sediakan berbagai treatment dengan harga terjangkau

Klinik yang berdiri sejak 2014 ini buka setiap hari pukul 09.30 WIB sampai 20.00 WIB.

Selain di Depok, WSJ Beauty juga memiliki cabang lain di Kalibata, Kemang, hingga Galaxy.

Klinik kecantikan ini memberikan layanan mewah dengna biaya yang murah. Untuk sedot lemak sendiri, dibanderol dengan harga mulai dari Rp2.000.000 sampai Rp12.000.000 per tahun 2023.

Mereka menyediakan sejumlah treatment seperti eyelash, hifu, laser co2, ipl brightening, facial sparkling, serta DNA salmon.

Selain membuka klinik, WSJ Beauty juga memiliki produk perawatan kulit dengan merek yang sama.

Di Instagram, klinik tersebut memiliki lebih dari 74 ribu pengikut dan 7 ribu pengikut di TikTok. Pasca viral, kedua akun media sosial WSJ Beauty diprivate sehingga tak bisa diakses secara bebas.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter