TANGSELIFE.COM – Setelah Airlangga Hartarto mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum Golkar, kini mencuat nama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia akan menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar definitif.

Hal itu disampaikan oleh Politikus Partai Golkar, Andi Sinulingga, yang mengatakan keputusan itu, kata Andi, akan dilakukan dalam forum Munas Golkar.

“Nanti Munas secepatnya, nanti Bahlil ketua umum,” terang Andi, Minggu, 11 Agustus 2024 sekaligus membenarkan kabar Airlangga Hartarto mundur dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar.

Sedangkan untuk sosok yang menjabat Plt yaitu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. “Plt-nya Agus Gumiwang,” ucap Andi.

Sementara itu, di sisi lain, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Nurdin Halid menegaskan, belum ada kesepakatan Agus untuk gantikan Airlangga.

“Plt hrs melalui rapat pleno DPP, Plt ditentukan rapat pleno,” terang Nurdin.

Nurdin mengatakan, DPP Partai Golkar belum menentukan rapat pleno. “Belum ada belum-belum (ada jadwal rapat pleno DPP,” paparnya.

Airlangga Hartarto Resmi Mundur Dari Ketum Golkar

Airlangga Hartarto
Airlangga Hartarto menyatakan resmi mundur dari Partai Golkar.

Dalam sebuah video resmi, Minggu, 11 Agustus 2024, dia memberikan pernyataan resminya.

“Demi menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat maka dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim dan atas petunjuk Tuhan yang maha besar, maka dengan ini menyatakan pengunduran diri sebagai ketua umum DPP Partai Golkar,” ujarnya Airlangga Hartarto video tersebut.

Pengundurannya itu telah disampaikan ke DPP Partai Golakr pada Sabtu, 10 Agustus 2024, sesuai dengan mekanismes partai yang berlaku.

“Semua proses ini akan dilakukan dengan damai, tertib dan menjunjung tinggi marwah Partai Golkar,” ujarnya.

Airlangga mengatakan demokrasi harus terus dikawal dan partai politik adalah pilarnya. Partai Golkar selama 60 tahun telah membuktikan hal ini.

“Selanjutnya, untuk mempercepat langkah kita untuk memajukan Indonesia, sebagai pribadi dan bersama seluruh keluarga saya, dari hati yang terdalam saya ucapkan terima kasih yang tulus,” katanya.

Dua juga meyakinkan seluruh prestasi yang dicapai akan dilanjutkan lebih baik lagi.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, presiden terpilih dan wakil presiden terpilih selanjutnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta petinggi dan senior Partai Golkar.

“Kepada Bapak Jusuf Kalla dan Abu Rizal Bakrie, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, Bapak Agung Laksono, serta Bapak M. Hatta, saya juga mengucapkan beribu terima kasih atas kerja sama, dukungan dan bimbingan yang diberikan,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter