TANGSELIFE.COM – Organisasi Muhammadiyah terima izin tambang yang diberikan oleh Pemerintah terhadap organisasi keagamaan di Indonesia.

Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah Azrul Tanjung menyebutkan beberapa alasan PP Muhammadiyah menerima izin tambang dari pemerintah.

Dia mengatakan, alasan Muhammadiyah terima izin tambag tersebut, saat ini Indonesia belum bisa transisi energi.
Bahak disebutkan juga, dunia akan gelap gulita jika manusia meninggalkan batu bara sebagai energi.

“Sambil tambang ini dikerjakan, Muhammadiyah merencanakan kedepannya harus dilakukan juga transisi energi,” ujarnya.

“Jadi kita harus kerja keras untuk menemukan teknologi baru, sehingga nantinya kita tidak lagi tergantung pada batubara,” tambah Azrul.

Dia juga mengatakan, Muhammadiyah juga ingin memberikan contoh baik jika mengelola tambang nantinya.

Lebih lanjut Azrul menyebutkan, tak ingin nantinya Muhammadiyah melakukan pertambangan secara sembrono yang meninggalkan masalah lanjutan.

“Termasuk nanti pasca tambang. Kita akan kembalikan lagi. Masyarakat yang ada di sana harus kita berdayakan,” ujarnya.

Muhammadiyah akan mengambil peran memberikan contoh-contoh yang baik. Yang memberikan edukasi kepada teman-teman yang sudah bergerak di bidang pertambangan,” lanjutnya.

Azrul menilai pemerintah kemungkinan punya pertimbangan tersendiri seperti Muhammadiyah dianggap berjasa kepada negara selama ini.

Dan saat ini juga Muhammadiyah sudah melakukan kajian secara mendalam, baik dari sisi ekonomi, bisnis, aspek sosial, budaya, hukum, dan HAM dan lingkungan selama tiga bila terakhir ini.

“Praktisi, pakar tambang, praktisi tambang, ahli hukum, ahli lingkungan, dan lain-lain. Nah dari kajian-kajian yang mendalam yang kita lakukan, tidak sekali dua kali, tapi berkali-kali. Akhirnya Muhammadiyah memutuskan Atau memberi isyarat lah akan mengambil tambang,” paparnya.

Azrul juga menyebutkan, nantinya dalam pengelolaan itu juga akan sangat profesional. Karena menurutnya warga Muhammadiyah banyak yang memiliki kapasitas untuk menjalankan bisnis tambang.

“Itu tidak kalah dari segi SDM, dari segi sumber daya keuangan, Muhammadiyah punya mitra-mitra strategis.

Artinya dari dalam sendiri kita sudah bisa. Dan insya Allah kalau Muhammadiyah melakukan penambangan, ya akan lebih soft lah,” terangnya.

Menteri Investasi Senang Muhammadiyah terima izin tambang

Menteri Investasi/Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadalia menanggapi kabar PP Muhammadiyah berminat untuk menerima Izin Usaha Pertambangan (IUP) bagi ormas keagamaan dari pemerintah.

“Muhammadiyah kan kita baru mendengar bahwa mereka, Alhamdulillah mau menerima,” ujar Bahlil.

“Dengan baru menerima y akita akan memproses, saya akan menyiapkan areanya yang baik. Setelah itu kita akan mengundang Muhammadiyah,” pungkas Bahlil.

 

 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Sopiyan
Editor
Sopiyan
Reporter