TANGSELIFE.COM – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa beri pengalaman siap siaga bencana kepada Sekolah Menengah Atas (SMA) An Najah pada acara Super Camp 2024 di D’Bunder View, Kelurahan Gunung Buner 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Selasa, 21 Mei 2024.

Sebanyak 185 siswa yang terdiri dari kelas 1 dan 2 menyimak dengan khidmat bimbingan materi dan praktik dari teman-teman DMC Dompet Dhuafa.

Di sesi materi, DMC Dompet Dhuafa membagikan materi tentang jenis-jenis bencana dan upaya mitigasinya.

Sebagian peserta didik mampu memahami dengan saksama dan mulai mengenali jenis-jenis bencana yang ada di sekitarnya.

Sementara itu pada sesi praktik, DMC Dompet Dhuafa memperkenalkan pertolongan pertama krisis kesehatan dan melatih pemadaman api skala didik.

DMC Dompet Dhuafa
Dok. DMC Dompet Dhuafa

Para siswa dan siswi berbondong-bondong merasakan penggunaan APAR (alat pemadaman kecil) dan cara memadamkannya.

Iwan Restandi sebagai Bidang Kesiswaan SMA An Najah menjelaskan kalau pelatihan yang dilakukan oleh teman-teman DMC Dompet Dhuafa sangat bermanfaat.

Menurutnya, para peserta didik tak hanya diberikan materi tapi juga langsung praktik cara menangani bencana dan diberi tahu cara-cara mitigasinya.

“Pelatihan yang dilakukan oleh teman-teman DMC Dompet Dhuafa sangat bermanfaat. Jadi, anak-anak tak hanya diberikan materi tapi juga langsung praktik saat menangani bencana dan mereka diberi tahu cara-cara mitigasinya,” ujar Iwan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan alasannya mengundang DMC Dompet Dhuafa dalam acara ini.

“Tujuan kami mengundang DMC adalah seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia rawan bencana. Kami berharap untuk mengedukasi anak-anak dan bagaimana penanganannya jika terjadi bencana di lingkungan sekitarnya,” lanjut Iwan.

DMC Dompet Dhuafa
Dok. DMC Dompet Dhuafa

Remaja adalah salah satu fase penting dalam hidup manusia. Pada fase ini terjadi transisi kemampuan psikis dan fisik anak-anak ke masa dewasa.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa pada umumnya remaja rentan terhadap dampak kesehatan mental yang dirugikan pasca bencana alam menghadapai ancaman yang lebih besar (Tresya dkk, 2023).

Adi selaku Staf Pusat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kebencanaan DMC Dompet Dhuafa berharap, paling tidak peserta didik mengetahui dan mengenali jenis-jenis bencana dan bagaimana cara penanganan darurat atau dasarnya.

“Paling minimal mereka mengetahui dan mengenali jenis-jenis bencana dan bagaimana cara penanganan darurat/dasarnya,” ucap Adi ‘Mallo’.

Semoga pelatihan ini bermanfaat dan mampu meningkatkan pengetahuan dan kapasitas pelajar dalam menghadapi bencana di sekitarnya.

Karena Bumi Cuma Satu, Berdaya Sekarang.

Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter