TANGSELIFE.COM– Kloter pertama jemaah haji Tangsel dilepas bada zuhur, warga padati Islamic Center Serpong.

Hari ini dijadwalkan sebanyak 393 jemaah haji Kota Tangsel diberangkatkan ke Tanah Suci, Kamis 25 Mei 2023 bada zuhur atau sehabis salat zuhur.

Tapi pantauan tim Tangselife.com, sejak jam 09.30 WIB, secara berombongan para jemaah haji itu mulai berdatangan ke Islamic Center Tangsel.

Kloter Pertama Jemaah Haji Tangsel
Puluhan pengantar jemaah haji Kota Tangsel terlihat memasuki gerbang Islamic Center Serpong mengantarkan keluarga dan kerabat mereka yang hendak menuju Tanah Suci, Kamis, 25 Mei 2023.

Perlahan tapi pasti, Islamic Center Tangsel yang berlokasi di Jalan Hanjuang, Sektor 11, BSD, Kecamatan Serpong, dua jam kemudian jadi ramai.

Pasalnya, bukan hanya jemaah haji yang datang tapi juga ratusan pengantar jemaah haji yang terdiri dari keluarga dan tetangga turut mengantarkan hingga ke Islamic Center.

Bukan hanya satu mobil yang mengantar bahkan ada seorang jemaah haji diantar oleh lebih dari 5 mobil sekaligus.

Akibatnya, suasana halaman Islamic Center Tangsel penuh dengan parkiran kendaraan hingga ke jalan-jalan di sekitarnya.

“Saya mau mengantarkan kakak saya yang mau naik haji. Kakak saya ikut rombongan dari KBIH Hikmah Pamulang,” terang Susanto, Kamis 25 Mei 2023.

Dia juga mengatakan kalau rombongan yang mengantarkan sang kakak Muhammad Ilmi itu berjumlah 25 orang menggunakan 5 mobil.

“Ini keluarga besar mau nganter abang ke Tanah Suci. Sekalian nganter juga minta berkahnya, mudah-mudahan tahun depan bisa berangkat haji juga,” ujar Susanto sambil tersenyum.

Dia mengaku sejak pukul 09.00 WIB sudah berangkat dari rumahnya di Pamulang Timur menuju Islamic Center Tangsel yang berlokasi di BSD, Kecamatan Serpong.

“Sekalian bawa anak untuk melihat lokasi Islamic Center Tangsel ini. Anggap ajah wisata religi,” menambahkan Uswatun, istri Susanto.

Senada juga diungkapkan Haerudin, warga Serpong Utara yang hendak mengantarkan orangtuanya berangkat haji tahun ini.

“Ibu saya sudah nunggu lama, ada 8 tahun baru bisa berangkat haji. Alhamdulilah tahun ini dikasih kesempatan sama Allah SWT ke Tanah Suci,” terangnya.

Dia juga mengatakan senang melihat orangtunya bisa berangkat haji tahun ini. Tapi dia juga sedih karena harus berpisah untuk sementara waktu dengan ibunya tersebut.

Haerudin juga berharap agar ibunya bisa kembali lagi ke Tanah Air dengan sehat. “Insya Allah ibu saya bisa pulang walau usianya cukup sepuh 68 tahun,” ucapnya juga.

Untuk diketahui, sebanyak 393 jemaah haji asal Tangsel yang akan berangkat ke Tanah Suci itu terdiri dari 383 jemaah haji dan didampingi 10 petugas haji akan dilepas hari ini, Kamis 25 Mei 2023.

Ratusan jemaah haji pertama Kota Tangsel yang akan dilepas itu masuk kelompok terbang (kloter) 10 yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

“Pelepasan 383 jemaah haji pertama asal Kota Tangsel bada dzuhur,” terang Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel Dedi Mahfudin, Kamis, 25 Mei 2023.

Dedi juga mengatakan kalau ratusan jemaah haji asal Tangsel itu akan diangkut menggunakan beberapa bus dari Islamic Center Serpong ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

“Insya Allah para jemaah haji asal Kota Tangsel diterima di asrama haji Pondok Gede sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka akan menginap satu malam di sana,” ucap Dedi juga.

Dia juga mengatakan kalau Kemenag Tangsel sudah mempersiapkan semuanya terkait keberangkatan calon jemaah haji tersebut.

Mulai dari bus, snack ringan, dan nasi box yang akan dikonsumsi jemaah saat berangkat dari Islamic Center Serpong ke Asrama Haji Pondok Gede.

“Termasuk cenderamata dari Pemkot Tangsel yakni kerudung untuk wanita berwarna hijau tosca untuk jemaah perempuan. Sedangkan untuk jemaah haji laki-laki sorban putih,” paparnya juga.

Untuk diketahui, untuk tahun ini calon jemaah haji asal Kota Tangsel yang akan berangkat ke Tanah Suci berjumlah 993 orang.

Padahal sebelumnya ada kuota sebanyak 1.091 calon jemaah haji Kota Tangsel yang berhak berangkat ke Makkah tahun ini.

Namun, calon jemaah yang melunasi biaya perjalaanan haji atau BPIH untuk tahun ini hanya 993 orang. “Sementara yang awal sebanyak 1.094 itu yang berhak melunasi,” ucap Dedi juga.

Setelah dua kali dilakukan perpanjangan masa pelunasan, hasilnya 993 calon jemaah haji yang melunasi. “Mudah-mudahan nanti ada jemaah cadangan lagi yang nambah,” lanjutnya.

Jemaah haji Kota Tangsel yang akan berangkat ke Arab Saudi itu, kata Dedi lagi, sudah melalui hasil validasi oleh bidang PHU Provinsi Banten sebanyak 993 orang.