TANGSELIFE. COM – Putra Sulung Presiden Joko Widodo,  Gibran Rakabuming Raka resmi diusung menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Prabowo Subianto usai pembahasan dengan para Ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Gibran secara resmi diumukan menjadi Cawapresnya Prabowo di kediaman Prabowo Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

“Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden,” kata Prabowo, Minggu (22/10/2023).

Gibran diusulkan mendampingi Prabowo setelah diusung oleh Partai Golkar. Padahal sebelumnya, Gibran merupakan kader Partai PDI Perjuangan yang mengantarkannya menjadi Wali Kota Solo.

Diketahui dalam Koalisi Indonesia Maju ada 8 partai politik yang bergabung. Yakni Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PBB, Garuda, dan Gelora. Serta 1 partai di local dan 3 partai non Pemilu 2024.

Sebelumnya, Partai Golkar mendeklarasikan anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II di Kantor DPP Partai Golkar, Sabtu 21 Oktober 2023.

Dalam Rapimnas tersebut, Prabowo Subianto yang sudah dideklarasikan sebagai Capres dari KIM turut datang dan memberi sambutan. Secara simbolis bahkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato memakaikan jaket kebesaran Partai Golkar.